Seminar Strategi Pariwisata Dalam PRB

Kerjasama Forum PRB DIY, Pujiono Centre Dan UGM

Pujiono Centre akan mengadakan serial seminar pengurangan risiko bencana (PRB). Bekerja sama dengan Program D3 Kepariwisataan Universitas Gajah Mada dan Forum PRB DIY, seminar akan dilaksanakan pada 25 November 2016 di BPBD DIY, mengusung tema “Strategi Pariwisata dalam Konteks Pengurangan Risiko Bencana di Indonesia”.

Menurut Wenny Agatia, seminar sehari tersebut bertujuan membangun pemahaman tentang hubungan antara bisnis kepariwisataan dan PRB. Hal ini dipandang cukup penting mengingat posisi sektor kepariwisataan sebagai motor ekonomi di satu pihak, dan keniscayaan risiko bencana didalam konteks Indonesia pada sisi yang lain.

Selain itu, seminar ini diharapkan dapat membantu mengidentifikasi potensi-potensi strategi bisnis kepariwisataan yang berkesadaran PRB. “Untuk itu, disediakan ruang untuk berbagi pandangan dan pengalaman praktik strategi bisnis kepariwisataan yang berkesadaran PRB,” imbuhnya.

Hasil dari seminar tersebut, menurut F Asisi Widanto, Manajer Pujiono Centre, adalah adanya usulan kerangka kerja bisnis kepariwisaataan yang berkesadaran pengurangan risiko bencana, potensi strategi bisnis kepariwisaataan yang berkesadaran pengurangan risiko bencana, dan agenda pembelajaran dan penelitian dalam disiplin bisnis kepariwisataan.

“Adalah sudah waktunya bahwa pengetahuan akan adanya hubungan antara Pengurangan risiko bencana dan bisnis kepariwisataan menjadi salah satu agenda peningkatan pengetahuan empiris bagi civitas akademika, dalam posisi mereka sebagai salah satu pemangku kepentingan dalam bisnis kepariwisataan,” jelas Asisi. *)

Download TOR Seminar:
http://www.pujionocentre.org/wp-content/uploads/2016/11/20161117-TOR-Seminar-Pucen-Strategi-Pariwisata-dlm-Konteks-PRB.pdf

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *