Forum PRB DIY

Forum Pengurangan Risiko Bencana Daerah Istimewa Yogyakarta (Forum PRB DIY) merupakan wadah yang menyatukan organisasi pemangku kepentingan (multi stakeholders) DI.Yogyakarta yang bergerak dalam mendukung upaya-upaya pengurangan risiko bencana (PRB) di wilayah DI.Yogyakarta. Sebagai Platform Pengurangan Risiko Bencana di tingkat provinsi yang menyediakan mekanisme koordinasi untuk meningkatkan kolaborasi & koordinasi berbagai pemangku kepentingan dalam keberlanjutan aktivitas-aktivitas PRB melalui proses konsultatif dan partisipatif yang selaras dengan pelaksanaan kerangka kerja PRB sebagaimana ditetapkan kebijakan nasional.

Sejalan dengan cita-cita nasional untuk menjadi komunitas yang tangguh terhadap bencana, Forum Pengurangan Risiko Bencana Daerah Istimewa Yogyakarta melaksanakan misi yang diilhami oleh nilai-nilai kemanusiaan guna mewujudkan komunitas Daerah Istimewa Yogyakarta yang tangguh terhadap bencana.

Berdasarkan keyakinan tersebut, Forum Pengurangan Risiko Bencana Daerah Istimewa Yogyakarta memberikan kontribusi dalam pengurangan risiko bencana melalui advokasi, pengawasan, fasilitasi dan konsultasi yang memungkinkan terjadinya pengarusutamaan pengurangan risiko bencana bagi semua pemangku kepentingan menuju komunitas yang tanggap dan tahan bencana.

Awal Mula

Forum Pengurangan Risiko Bencana Daerah Istimewa Yogyakarta secara formal didirikan untuk menjadi platform PRB Provinsi pada tahun 2009 untuk waktu yang tidak ditentukan. Pendirian dilakukan atas prakarsa dari pegiat dan mitra Forum Pengurangan Risiko Bencana Daerah Istimewa Yogyakarta yang terdiri dari organisasi masyarakat, pemerintah, bisnis, media, perguruan tinggi, lembaga swadaya masyarakat, dan lembaga internasional yang bekerja di Daerah Istimewa Yogyakarta. Pada waktu didirikan Forum Pengurangan Risiko Bencana Daerah Istimewa Yogyakarta menjadi bagian dari Platform Nasional Pengurangan Risiko Bencana (PLANAS PRB).

Visi
Menjadi komunitas Daerah Istimewa Yogyakarta yang memiliki sistem sosial, ekonomi dan budaya yang tangguh terhadap bencana sebagai bagian dari upaya-upaya pengurangan risiko bencana di Negara Republik Indonesia.

Misi

  1. Mendorong terciptanya lingkungan yang mendukung bagi pengembangan budaya pencegahan, melalui advokasi dan penumbuhan kesadaran dan pengetahuan tentang pengurangan risiko bencana.
  2. Memfasilitasi pengarusutamaan pengurangan risiko bencana ke dalam pembangunan.
  3. Menggunakan berbagai perspektif dan aksi yang bersifat multi sektor dan multi disiplin ilmu.
  4. Menjadi wadah kerjasama efektif multi-pihak  dan lintas bidang/sektor dalam proses-proses pembangunan berkelanjutan
  5. Memberikan sumbangan pemikiran tentang pengurangan risiko bencana melalui upaya yang terpadu dan terkoordinasi dalam proses penyusunan kebijakan, perencanaan, administrasi dan pengambilan keputusan pembangunan.
  6. Memobilisasi sumber daya dan kapasitas pemangku kepentingan lokal, lembaga-lembaga nasional, regional dan internasional/struktur Perserikatan Bangsa-Bangsa yang relevan.
  7. Menjadi center of excellence dalam pengurangan risiko bencana.